Selamat Datang di Blog RiezzNandar

Minggu, 22 November 2009


I N T E R N E T
Internet adalah kumpulan dari beberapa jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan jaringan komunikasi jarak jauh (Telepon) yang meliputi seluruh bagian dunia. Jaringan luas internet tersebut dikenal juga dengan istilah Worldwid Network.
Dengan internet kita dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan jutaan narasumber yang kita inginkan. Selain untuk memperoleh informasi, internet juga dapat digunakan untuk mencari hiburan seperti film, game, musik, dan lain-lain. Dengan demikian fungsi internet adalah sebagai sumber informasi dan alat berkomunikasi.
Standar yang digunakan agar dapat berhubung ke internet harus ada komponen-komponen sebagai berikut :
Komputer
Internet adalah jaringan komputer, maka untuk berhubung dengan internet kita harus menggunakan komputer. Adapun syarat komputer yang dapat digunakan untuk menjelajahi internet adalah minimal Pentium 100 MHz (lebih tinggi lebih baik), RAM minimal 16 MB, dan Harddisk 1,2 GB.
Modem
Dalam istilah aslinya modem adalah sebutan untuk modulator/demodulator, yaitu suatu perangkat untuk mentrasfer data dari komputer yang satu ke komputer yang lain melalui saluran telepon. Dengan pemasangan modem memungkinkan seperangkat komputer untuk mengirim atau menerima informasi dari komputer lain dari jarak yang sangat jauh bahkan sampai melintasi dunia.
Berdasarkan cara kerjanya sebauah modem terdiri atas dua bagian, yaitu sebagai berikut :
a. Bagian Pengirim (Modulator) memiliki kemampuan untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog (gelombang suara) yang dapat melewati saluran telepon.
b. Bagian Penerima (Demodulator) memiliki kemampuan untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dapat di baca oleh komputer.
Berdasarkan lokasi pemasangannya modem terdiri atas dua jenis yaitu sebagai berikut:
Modem Internal yaitu modem yang letaknya menyatu di dalam CPU komputer, berupa Card yang ditancapkan pada soket di motherboard.
Modem Eksternal yaitu modem yang letaknya di luar perangkat komputer. Unuk menghubungkan modem ini dengan komputer digunakan kabel sambungan. Modem jenis ini dapat dipindahkan sehingga dapat digunakan oleh komputer lain.
Saluran Telepon
Saluran Telepon dan Modem inilah yang merupakan penghubung perangkat komputer dengan dunia luar. Modem memerlukan saluran telepon untuk melakukan tugasnya.
Penyedia Jasa Internet (ISP = Internet Service Provider)
Perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan untuk berhubungan dengan internet disebut dengan istilah Internet Service Provider(ISP).
Setelah mendaftar diri pada salah satu Internet Service Provider (ISP) kita harus melakukan setting(Pengetesan) tertentu pada komputer kita. Selanjutnya ISP akan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan internet, termasuk biaya SLJJ untuk mengakses internet tersebut.
Pada saat ini PT. TELKOM telah menyediakan fasilitas TelkomNet@instant, yang sifatnya semi ISP. Kita dapat mengakses internet melalui TelkomNet@instant tanpa harus berlangganan ke ISP tertentu.
Bila kita mendaftarkan diri ke sebuah ISP atau menggunakan TelkomNet@instant, berarti kita telah memiliki akses control untuk bergabung dengan internet (Internet Account). Setelah mendaftar kita akan diberi user_id (identitas pemakai) sesuai dengan keinginan kita. Pilih user_id yang sesuai dengan keinginan kita, kemudian kita juga diberi password yang diperlukan untuk log in dari komputer kita de komputer server dari ISP pilihan kita. Tentu kita juga harus rela memberikan nomor telepon yang kita gunakan.
Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang digunakan untuk internet disebut dengan istilah Browser. Perangkat lunak tersebut terdapat pada SO/OS(Sistem Operasi/Operating System). Perangkat lunak tersebut di antaranya Internet Exploler, Mozilla Firefox, Opera, dan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar